Feb 6, 2015

Singapore Tourist Pass (STP) Memudahkan Perjalanan di Singapura!

STP bukan Stone Temple Pilots.


Beberapa kali saya ke Singapura, biasanya menggunakan EZ Link untuk commuter biasa, atau beli tiket MRT (dan kadang-kadang bus) satuan. Kali ini, saya baru tahu ada yang namanya STP (Singapore Tourist Pass), berkat Diyan yang rajin browsing. Setelah kami lihat-lihat tarif dan ketentuan pemakaiannya, sepertinya menguntungkan. Dan ternyata, STP ini keluaran EZ Link yang memang dikhususkan untuk turis. Buktinya, kalau kamu ke website EZ Link bagian tourist, akan muncul juga halaman STP. Nah, cocok!

Kartu STP ada dua macam: 

  • The Singapore Tourist Pass (STP) 
  • The Singapore Tourist Pass Pluss (STP+)


STP (Singapore Tourist Pass)


STP cuma bisa digunakan untuk membayar tarif kereta (MRT dan LRT) dan bus. Tarif STP termasuk biaya deposit kartu sebesar S$10, yang nantinya bisa kamu ambil kembali saat mengembalikan kartu, selama masih dalam jangka waktu yang ditentukan.

Misal, waktu itu kami akan berada di Singapura 3 hari penuh, jadi kami ambil STP 3-day. Tarif totalnya S$30, yaitu termasuk $20 ongkos kereta dan bus untuk penggunaan tak terbats selama 3 hari (terhitung dari tanggal pembelian), dan deposit S$10. Kami beli pada tanggal 31 Januari, berarti kartu berlaku sampai 2 Feb. Kartu harus kami kembalikan paling telat tanggal 5 Feb kalau mau mengambil kembali $10 tersebut.

Pilihan tarif STP (di luar deposit S$10): 
  • S$10 untuk 1 hari 
  • S$16 untuk 2 hari
  • S$20 untuk 3 hari


STP+ (Singapore Tourist Pass Plus)


STP+ bisa digunakan untuk membayar tarif kereta, bus, FunVee bus tour, dan Bubble Jet Ride. Kartu STP+ tidak perlu dikembalikan dan tidak ada biaya deposit.

FunVee bus tour itu, kalau nggak salah, bus untuk sightseeing seputar kota Singapura (istilah umumnya hop on hop off), yang kamu bisa naik turun di halte mana saja dalam rutenya. Bubble Jet Ride itu buat sightseeing juga, tapi naik kapal kecil di sungai.

Pilihan tarif STP+: 
  • S$20 untuk 1 hari 
  • S$26 untuk 2 hari
  • S$30 untuk 3 hari

STP bisa digunakan untuk naik bus juga.


Di mana tempat pembelian STP dan STP+?


STP ini bisa dibeli di banyak tempat, daftarnya ada di sini, dan sepertinya semua itu stasiun MRT. Sedangkan STP+ cuma bisa dibeli di satu tempat, ada di tautan daftar tadi juga.

Kami membeli STP di suatu pojok terminal MRT Changi Airport, di lantai basement Terminal 2.

(update, 6 Maret 2017) Peta dan daftar stasiun MRT tempat kamu bisa beli kartu STP beserta jam operasional loketnya: klik ini

TIPS MEMBELI STP DI MRT CHANGI AIRPORT: 
jangan beli pas waktu mepet karena antreannya panjang banget! Waktu itu kami beli di hari Sabtu pagi, memang lagi ramai-ramainya turis, ya. Jadi, antre saja mungkin sekitar setengah jam. Wekwew!


Antrean panjang saat beli STP di MRT Changi Airport.

Apa untungnya pakai STP?


Kalau kamu nggak akan sering menggunakan kereta atau bus selama di Singapura, ya nggak untung pakai STP, karena tarif naik MRT nggak sampai S$3 per perjalanan. Itupun masih bisa dikurangi S$1 kalau kamu kembalikan kartunya setelah sampai di stasiun tujuan.

Kalau kamu punya banyak tempat tujuan dan terlalu kere untuk naik taksi atau mau mengurangi jejak karbon, barulah STP ini menguntungkan, karena: 
  • Misalnya kamu naik kereta atau bus 5 kali dalam sehari, berarti dalam 3 hari kami bisa menghabiskan S$30 untuk ongkos (dengan asumsi $2 per perjalanan). Sedangkan STP yang untuk 3 hari kamu cuma beli seharga $20.
  • Hemat waktu, karena nggak perlu lagi antre beli tiket MRT di mesin atau di loket, dan nggak perlu pusing menghitung duit lagi untuk beli tiket. Mungkin kamu juga pernah mengalami, menghitung duit mata uang asing tidak semudah menghitung duit dalam mata uang di negara kita karena belum terbiasa dengan desain visualnya.

(update, 8 Mei 2016) - Kalau kamu nggak mengembalikan kartu STP, bisa kamu gunakan kartu itu kapan-kapan kamu ke Singapura lagi. Penggunaannya mirip EZ-link card, tinggal isi ulang (top up) kreditnya. 
Lebih lengkap tentang STP dan perbandingannya dengan EZ-link bisa kamu baca di sini: FAQ Singapore Tourist Pass

Udah lama lihat peta, nggak perlu lagi dong ditambah lama beli tiket kereta. 



Yak, sekian tip dari saya tentang kartu STP. Ini sama sekali bukan pesan sponsor, saya cuma konsumen yang puas aja! Selamat jalan-jalan dengan mudah di Singapura!




62 comments:

  1. Anonymous11:55 AM

    COUNTER UNTUK PEMBELIAN STP+ DIMANA SAJA YA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Anonymous,
      kalo kamu baca dengan teliti, di artikel ini ada kok infonya..
      Selamat membaca.. :)

      Delete
    2. lebih baik beli di changi airport biar bisa langsungkamu gunakan

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Halo Sist Vira,
    ada yang mau saya tanya, 1 kartu STP bisa untuk 2 orang gak yah?? (maksud hati biar irit) hehehe tq :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sisca,
      sepertinya sih bisa aja. Jadi misalnya orang pertama udah masuk (ngelewatin si mesin palang itu), kasih aja kartunya ke orang ke-2, trus dia lewat deh. Asalkan cepat2 dilakukannya kalo lagi rame, biar gak bikin antrean 'macet' :D Selamat jalan-jalan!

      Delete
    2. bukannya satu kartu untuk satu orang yah?

      Delete
    3. Hai Noey, iya.. kamu benar. Sudah dibahas juga di komen di bawah ini :)

      Delete
  4. Anonymous4:24 PM

    Hi mba aku mau tanya, memang kalau pakai STP waktu tap mau masuk lewatin palang , pas sampe stasiun tujuan gak usah tap lagi kah ? pas mau keluarnya kaya ez link kan harus tap lagi.
    kalau hrs tap lagi berati gk bisa dipake buat 2 orang dong ya mba huhu.
    thanks mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya, bener juga! makasih ya diingetin.. maap saya gak kepikir itu :D

      Delete
  5. Hai mba,

    Aku juga udah pernah nyobain STP waktu di Singapore selama 3 hari 2 malam, kebetulan bulan depan aku mau kesana lagi tapi 4 hari 3 malam. Kira kira masih bisa pakai STP atau gak bisa ya?
    Thanks mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hali Stefin,
      maaf saya kurang mengerti maksud pertanyaannya.
      Kalau yg saya tau sih, paketnya STP gak ada yg untuk 4 hari. Jadi kalau beli yg paket 3 hari, berarti hari ke-4 udah ga bisa digunakan ya.
      Atau, maksud kamu mau pakai kartu STP yang lama dan diisi ulang?

      Delete
  6. STP nya dikembalikan dimana ya? apakah harus ditempat kita membeli STP nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu sih saya mengembalikan di tempat saya membeli, yaitu di terminal MRT Changi. nah, untuk lebih lengkap infonya, mungkin Mbak Rina bisa buka link yang saya beri di atas, yang resmi dari penerbit STP. Siapa tau ada info yang dicari :)

      Delete
  7. Anonymous1:21 AM

    Halo mbak bisa tidak jika saya beli stp nya di bugis misalkan terus saya ingin mengembalikan deposit $10 nya di changi, apakah bisa? Thanks before :)

    ReplyDelete
  8. Salam Mbak Fira, mau nanya kalo itung-itungannya untuk perjalanan selama 3 hari lebih irit pake STP apa EZ Link Mbak? Soalnya pengen beli STP tapi saya juga dapet pinjeman kartu EZ Link dari teman. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Agus,
      untuk ngebanding2in mungkin ada infonya di website masing2, dan linknya sudah ada di tulisan saya ini, tinggal klik aja.
      Saya sendiri gak ingat persis harga top-up EZ Link dan pemakaiannya karena sudah lama ngga pake kartu itu.

      Delete
  9. Harga stp klo dirupiahkan brp y
    Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kurs yang sedang berlaku, Kang Asep. Saya biasa cek di xe.com

      Delete
  10. hallo mba vira, klw sy smp singapura jam 9 malam, trus beli stpnya yg 1day pass. kartunya cuman smp jam 11 malam hari itu juga apa msh bisa smp jam 8 malam besoknya.terus klw beli 2 days pass. tp saldonya msh ada, saat kartunya dikembalikan dibalikin deposit+ sisa saldonya apa cuman depositnya saja.trims ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Jessica,

      seingat saya sih yang penting tanggalnya. Kalau tanggal sudah berubah, berarti sudah dihitung sehari, gak peduli beli kartunya jam berapa. Tapi, mungkin aja saya salah ingat. Jadi, silakan cek lagi Mbak, di link STP yang sudah saya kasih di atas.. Mungkin ada keterangannya :)

      Delete
  11. Kalo misal ingin lebih 3 hari bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tergantung... kalo mau 4 hari, bisa beli 2x paket untuk 2 hari, atau sesuai kebutuhan kamu aja. Atau, ya mungkin bisa cari opsi selain STP, tapi saya nggak tau. Kalau kamu udah nemu opsi yang lebih baik, boleh silakan bagi infonya di sini.. hehe..

      Delete
    2. ya tergantung... kalo mau 4 hari, bisa beli 2x paket untuk 2 hari, atau sesuai kebutuhan kamu aja. Atau, ya mungkin bisa cari opsi selain STP, tapi saya nggak tau. Kalau kamu udah nemu opsi yang lebih baik, boleh silakan bagi infonya di sini.. hehe..

      Delete
  12. syarat pembelian STP apa aja ya?
    Paspor apa diperlukan untuk menginput data?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Chandra,
      hm, maaf saya lupa tentang paspor.. Tapi saya kalau jalan2 di luar memang selalu bawa paspor sih..

      Delete
    2. Butuh paspor saat beli diloket awal deh keknya

      Delete
  13. Anonymous9:12 PM

    kalau STP nya gk di kembalikan,kita bawa pulang bisa gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja, tapi jadinya deposit yang SGD10 nggak kembali deh. Kalau menurut info di link ini http://bit.ly/1T5OiC8 kartunya bisa digunakan lagi seperti EZ-link kapan2 kamu ke Singapura (lihat jawaban nomor 9).

      Delete
  14. Anonymous10:28 AM

    Kalau seminggu disana lebih baik pakai ez-link atau STP?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin EZ Link aja. Tapi silakan baca2 dulu di website mereka untuk perbandingan

      Delete
  15. Halo mau nanya, kalo STP bisa dipake buat masuk sentosa kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab, tidak bisa karna kalo sentosaexpress itu beda sendiri tiketnya. pulangpergi vivocity-sentosa 4SGD

      Delete
    2. bantu jawab, tidak bisa karna kalo sentosaexpress itu beda sendiri tiketnya. pulangpergi vivocity-sentosa 4SGD

      Delete
  16. Halo mau nanya, kalo STP bisa dipake buat masuk sentosa kah ?

    ReplyDelete
  17. Anonymous12:38 AM

    Halo mba,
    Mau nanya kartu stp bisa d top up?
    Klo beli tiket kereta/ bis langsung kena berapa y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Anonymous,
      setahu saya kartu STP nggak bisa di-top-up.
      Untuk biaya kereta/bus langsung, mungkin Anonymous bisa cek di sini https://www.smrt.com.sg/Journey-with-Us/Fares-Claims

      Delete
    2. Anonymous7:02 PM

      stp ga bisa masuk sentosa,kalo mau ke sentosa itu bayar lagi 4 dolar.naiknya di vivocity mall lt 3

      Delete
    3. tipsnya..ke sentosa jln kaki lewat sentosa broadwalk..trus baliknya naik mrt GRATIS dr sentosa ke vivo..klo dulu saya sih gt

      Delete
    4. @rizal wah memang ada yah mrt gratis dari sentosa ke vivo? Jadi saya ga perlu beli tiket lagi dong he3

      Delete
  18. Adakah yang mau mbolang bareng oktober 2016 ke Singapore?? Yuk bareng dari Surabaya

    ReplyDelete
  19. Anonymous2:41 PM

    hello, saya mau tanya untuk STP
    kalo saya udah punya stp ini saya gak perlu lagi beli tiket di mesin kan ya?
    nanti kalo saya mau liat rute yang harus saya tempuh (misalnya saya dari kallang mau ke bayfront)
    kalo beli tiket di mesin nya kan ada rute dan dimana saya harus transit segala macem, nah kalo stp kan saya tinggal tapping saja. nanti saya bisa lihat dimana ya rute perjalannan dan transit transitnya

    trimss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Setahu saya, tiap stasiun MRT ada peta rute MRT, nggak harus yang di mesin beli kartu. Biasanya ada di tengah2 peron.

      Delete
    2. Saat beli STP 30$ (10 deposit dan 20 harga kartunya) itu bs kmu pake sepuas2nya brp kalipun naik mrt..selama masih masuk wkt berlakunya yaa

      Delete
  20. Bisa ga ya STP tahun lalu, dipakai lg tahun ini?

    ReplyDelete
  21. Bisa ga ya STP tahun lalu, dipakai lg tahun ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya sih nggak bisa, karena dia dibatasi cuma bisa dipake sampa tgl sekian, dan cuma bisa ditukarkan depositnya sampe tgl sekian. dan gak bisa di-top up.

      Delete
    2. Dia lgsg berubah fungsi jd EZ-Link card. Dan bs ditop up lgi

      Delete
    3. wah, yang berubah fungsi ini saya belum pernah tau. makasih infonya ya

      Delete
  22. mbak nanya kalo kebetulan jadwal pesawat saya sampai singapore jam 9 masih bisakah beli stp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Arvi,

      tempat dan jam buka loket bisa kamu lihat di sini http://thesingaporetouristpass.com.sg/where-to-buy/
      masing-masing loket bisa beda2 jam tutupnya

      Delete
  23. Hi Mbak mau tanya, pembelian STP bisa dengan apa saja ya? Harus cash atau bisa dengan visa/Mastercard kah?

    Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      kayaknya sih di loketnya ada alat gesek kartu.. tapi nggak pasti juga, soalnya aku selalu bayar tunai aja..

      Delete
  24. Bisa di perpanjang ga sih STP ny , kalau misalnya kita 6 hari di singapura , krn tidak ada pilihan 6 hari jd beli 2x atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, saya kurang tau kalo soal perpanjang.. tapi ada yang komen di atas sbb: "Dia lgsg berubah fungsi jd EZ-Link card. Dan bs ditop up lgi"

      Delete
    2. Anonymous1:44 AM

      STP bisa di topup kembali apabila masa aktifnya sudah selesai.. dan harga topup akan sama dengan harga paket awal beli, yaitu tiga pilihan harga($10 for 1d, $16 for 2d dan $20 for 3d) tanpa deposit $10

      Delete
    3. makasih infonya, Anonymous..

      Delete
  25. Wah lebih mudah dan hemat ya mbak daripada harus mengantri lama menunggu tiketnya dan kalau kemana-mana bisa lebih simple karena tak terbatas.

    ReplyDelete
  26. bagi infonya donk kak,
    kalau mau ke singapore 4 malam bagusnya pakai ez link atau stp? kalau stp bagaimana cara memperpanjang sehari lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. infonya sudah ada dalam artikel dan komen2 di atas yaa.. silakan baca :)

      Delete